Home > Photo, tips > Foto Makro Menggunakan HP

Foto Makro Menggunakan HP

Saat pertama kali mendapatkan HP baru (baru dikasih), saya tidak terlalu penasaran untuk mencoba fasilitas kameranya. Yang saya coba-coba pertama kali adalah Games,  aplikasi browsing internet, aplikasi musik dan videonya. Tetap beberapa kali iseng memotret gelas kopi di meja. Lihat hasilnya,  masih biasa saja waktu itu.

Saat memotret tumbuhan di sekitar rumah, barulah saya penasaran bagaimana hasilnya kalau saya menggunakan kamera HP yang baru saya miliki. 1 minggu setelahnya saya langsung mencoba-coba memotret menggunakan HP tersebut. Hasilnya…. wowww tidak saya sangka ternyata dapat diterima dan dinikmati walau masih ada beberapa kekurangan karena keterbasan kamera HP tersebut.

Dan siang ini saat keluar rumah saya melihat seekor belalang yang sedang hinggap di daun. Tak banyak buang waktu, saya mengeluarkan HP  dari saku sambil berdoa semoga belalangnya tidak kabur :D dan…… potret!!!

Agak susah memang mendapatkan fokus di mata belalang, saya mencoba berulang kali di tiap sudut bidik. Tidak semudah mendapatkan fokus memotret dedaunan dan bunga.

Saya akui ada beberapa keuntungan memotret menggunakan HP antara lain, mudah digunakan, mudah diraih & disimpan kembali, dan ringan.  Tidak ribet dan melelahkan seperti saat menggunakan kamera DSLR. Untuk sekedar jadi penghias blog, foto lucu-lucuan di facebook hasil jepretnya  masih bisa diterima🙂

belalang

Belalang

belalang 2

Smile.......

daun kuning

Daun Kuning

Daun Hijau 1

Daun Hijau

Daun Hijau 2

Daun Hijau

Tips:

  1. Pegang HP dengan 2 tangan
  2. Cek pengaturan kamera HP.
  3. Usahakan tidak bergerak/goyang sebisanya. Bisa dengan cara menyandarkan tangan/siku ke bangku, lantai, meja dll
  4. Coba berbagai sudut bidik, sejajar obyek, lebih tinggi/rendah.
  5. Coba beberapa kali jepret.
  6. Zooming dengan kaki bukan dengan fasilitas zoom kamera. Maju dan mundur.
  7. Bersihkan lensa kamera hp.
  8. Setelah selesai jangan ragu untuk melakukan post process di photoshop atau software lain.
  9. Tak perlu berlebihan edit, terkadang hasilnya sudah bagus dan hanya perlu level/contrast adjustment sedikit saja.
  10. Sharing ke kawan-kawan😉

NB:

  • yang digunakan HP Sony Ericsson ELM J102
  • saya lakukan post process di Photoshop sekedarnya.
  • di foto DSC00334@@  (Smile…….), Cropnya sekitar 40%.
Bagaimana menurutmu?
Mudah-mudahan foto kawan-kawan bisa jauh lebih bagus dari foto-foto di page ini. Amiin.
Salam jepret.
  1. Evi
    January 19, 2012 at 10:41 pm

    Siiiplah..Pakai camera benaran saja saya belum bisa sebagus ini😦

    • Yopie Pangkey
      January 19, 2012 at 10:49 pm

      Bagus itu subyektif kan bu Evi🙂

  2. Ade
    January 20, 2012 at 9:34 am

    ok….jadi pengen belajar.
    I wish i have a time.

    • Yopie Pangkey
      January 20, 2012 at 9:59 am

      ayuuk belajar. mudah kok.
      kapan ke lampung?😀

  3. tommywahyuutomo
    January 23, 2012 at 10:20 am

    wah bisa ada bokeh halus kaya gitunya juga yah… hebat ! http://tommyvotograph.wordpress.com/

    • Yopie Pangkey
      January 23, 2012 at 10:28 am

      Ya bisa saja, karena kamera HP dan poket ga punya bukaan sempit🙂

  4. May 21, 2012 at 4:32 pm

    🙂 yupz…
    udah sering dipraktekin, hehe
    tapi hasil foto kamera hp tetap aja bergantung sama pos editing (photoshop ato minimal photoscape..)

    • Yopie Pangkey
      May 22, 2012 at 5:23 pm

      iya, kualitas foto jelas kalah jauh dibandingkan jika memakai kamera dslr maupun kamera poket. Banyak keterbatasan kamera hp yang tidak bisa kita hindari.
      Untuk sekedar senang2 di rumah bagi saya sudah lumayan, imo🙂

  5. May 28, 2012 at 3:11 pm

    daun kuningnya kenapa di mataku serasa kurang fokus yuaa… emmmmm

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

