Home > All About Lampung, Wisata > Teluk Kiluan di awal 2012

Teluk Kiluan di awal 2012

Teluk Kiluan di awal 2012

January 9, 2012

Entah sudah berapa kali kami ke Kiluan. Beda musim dan beda teman perjalanan. Saat angin teduh dan kencang. Saat Ombak tenang dan besar. Tapi tak pernah bosan mengunjunginya. Terkadang mengendarai motor, sering kali membawa tamu dengan mobil yang nyaman berAC. Selalu ada saja yang baru ditemui disana.

Banyak mengalami beberapa kejadian lucu dan bahkan mengerikan saat berada di tengah laut dengan ombak yang entah berapa meter tingginya, mungkin 2 meter lebih dikit ;-) Dua orang teman pernah mengalami jukungnya didayung dari tengah laut berombak besar dan tinggi untuk kembali pulau Kelapa teluk Kiluan karena as baling-balingnya patah. Seorang memegang plastik besar yang berfungsi sebagai layar dan yang satu berkali-kali membuang air laut yang masuk ke jukung menggunakan gayung kecil. Sang nahkoda dengan tenang dan bersiul-siul mendayung jukung perlahan hingga akhirnya sampai kembali di pulau Kelapa 2 jam kemudian. Pengalaman tak terlupakan bagi mereka berdua :D

Sejak mengalami ombak besar, saya mengetahui alasan semua jukung di teluk Kiluan, teluk Kelumbayan dan teluk Paku ujung depannya meruncing ke atas. Jukung-jukung tersebut memang sudah didesain untuk mengarungi laut berombak besar. Awal-awalnya memang takut, tapi seiring waktu berjalan saya semakin pede dan berani pergi ke tengah laut dengan jukung. Apalagi sudah jauh-jauh dari Bandar Lampung ke Kiluan hendak melihat lumba-lumba, selagi angin tidak kencang dan ombak masih bisa diatasi kita berangkat ke tengah.

Berbekal sedikit makanan ringan dan minuman botol serta mengenakan jaket pelampung. Biasanya para wisatawan (dan juga saya) selalu berdoa saat baru menaiki jukung meminta keamanan dan keselamatan selama mengarungi lautan. Ya, karena kita akan berwisata sambil mengingat-ingat akan kebesaran Tuhan di tengah laut ;)

Kalau beruntung tak sampai 1 jam dari berangkat kita sudah bisa berjumpa lumba-lumba dengan latar belakang erupsi gunung Anak Krakatau. Adakalanya harus memutar haluan mencari spot yang banyak ikan tongkol, karena lumba-lumba besar memang mencari ikan tongkol kecil ini. Kali terakhir ke Kiluan (5/1/2012) kami bertemu lumba-lumba di antara jukung nelayan yang menangkap ikan tongkol. Beberapa kali terlihat nelayan justru mengusir lumba-lumba, karena mengambil tongkol yang sudah terkait kail pancing.

 Tak sempat memotret saat lumba-lumba muncul beramai-ramai di permukaan sudah lumayan dapat beberapa jepretan. Membawa DSLR di teluk Kiluan memang agak riskan dengan menaiki jukung yang lebarnya hanya pas untuk duduk. Lens hood terjatuh ke laut tapi yang penting bisa bertemu lumba-lumba :)

Foto-foto di  Teluk Kiluan di awal 2012.

  1. Evi
    January 10, 2012 at 8:06 am

    Sepertinya kalau ke Lampung lagi, Teluk Kilauan a must to see🙂

    • Yopie Pangkey
      January 10, 2012 at 4:28 pm

      Betul itu bu Evi, Kiluan layak dikunjungi juga.
      Kata pemerhati, lumba-lumbanya lebih banyak daripada di Lovina Bali.
      Entah gimana cara hitungnya🙂

  2. February 1, 2012 at 11:22 pm

    Wah.. saya jadi kangen lagunanya pulau kiluan… Pengen berenang… Kapan ya waktu yang pas untuk ke kiluan lagi?? apa mungkin pas separoh bulan, airnya pas rendah jg??

  3. February 1, 2012 at 11:26 pm

    Wah… jadi kangen lagunanya pulau kiluan… pengen berrenang lagi…
    kapan ya waktu yang pas buwat ke kiluan lagi??
    Kalo pas bulan separuh, apa airnya juga pas lagi rendah ya??
    apa ada yang mengerti soal itu??

  4. Yopie Pangkey
    February 4, 2012 at 11:22 pm

    Beberapa kali kesana, sebaiknya memang bukan musim hujan dan angin kencang. Bulan berakhiran “ber” biasanya ombak besar. Tapi bulan Januari ini ombak dan angin masih tak menentu.
    Ombak memang sering tinggi tetapi panjang gelombangnya juga panjang, selama tak pecah dan masih searah dengan arah angin masih aman🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: