Home > tips > Beberapa Ide Foto Hitam Putih di Sekitar Rumah #tipsfoto #bw

Beberapa Ide Foto Hitam Putih di Sekitar Rumah #tipsfoto #bw

Di hari libur seperti sekarang ini, langit cerah dan keinginan memotret sedang tinggi-tingginya. Jari rasanya gatal sekali untuk menekan tombol shutter. Segera ambil kamera, masukkan ke dalam tas, hidupkan motor dan pergi. Di tengah jalan baru terpikir, apa yang ingin saya potret?😀

Setelah berkali-kali mengalami hal ini, saya segera membeli beberapa buku dan majalah yang berisi foto-foto hitam putih yang menarik. Membuka beberapa situs foto yang bisa saya “save as” dan menyimpan foto-fotonya di harddisk. Tak lupa membeli satu notebook kecil yang hampir selalu saya bawa kemana saja. Saat muncul ide segera tulis.

Sebagai awal, mengapa tidak mencoba memotret di sekitar rumah? Tidak keluar ongkos, bensin dan tidak perlu mengajak kawan yang bisa membatasi ruang gerak dan waktu kita. Kita bisa bebas bereksperimen obyek foto, komposisi dan sudut bidik.

1. TERAS RUMAH

Ya, teras rumah. Terdengar lucu sepertinya🙂 Tapi coba dulu sebelum membuang ide ini. Saya coba ambil beberapa barang antik milik nenek dari lemari tua dan meletakkannya di kursi bambu di teras. Lalu di jendela dan lantai teras

Well… Teras sepertinya bisa menjadi tempat bagus belajar fotografi bukan? Dan cuaca tidak akan mengganggu kegiatan kita. Setelah teras, coba ke bagian rumah yang lain. Ruang tamu, ruang tidur, dapur, toilet, gudang. Buka lemari pakaian, lemari makanan, kulkas, kotak antik di ruang tamu. Gunakan kursi, meja kerja, buku, koran, pensil, sandal, sepatu sebagai alat bantu atau obyek.

2. HALAMAN

Satu langkah dari teras saya sudah di halaman. Saya coba memotret bunga dan daun. Lihat sekitar dan temukan apa saja yang bisa menarik difoto. Saya tidak saja berdiri, tetapi membungkuk, berlutut, duduk bahkan mengambil kursi dan berdiri di atasnya. Eksplorasi benda-benda di tanah, dinding samping rumah, lihat ke atas dan sebagainya. Mulailah melihat dan mengamati seolah-olah anda seorang fotografer handal🙂

— — —

Mudah-mudahan ide-ide foto ini dapat menginspirasi anda dan menambah keterampilan perjalanan fotografi Anda. Motret secara teratur. Jangan sampai hambatan dan rintangan membuat anda berhenti memotret.

Mudah-mudahan juga foto-foto rekan lebih baik dari foto-foto di halaman ini. Amiin.

— — —

NB:

  1. Saya pakai mode A (aperture priority) di seluruh foto di atas.
  2. Lensa yang saya gunakan adalah lensa kit Nikkor 18-105 pinjaman seorang kawan yang baik hati🙂
  3. Saat memotret saya sudah membayangkan foto-foto ini nantinya bakal menjadi hitam putih. Bukan foto gagal yang saya jadikan hitam putih.
  4. Kamera poket, BB, IPhone, lomo, dll juga bisa lho…..
  1. June 29, 2011 at 8:06 am

    Sederhana ide lokasi dan objeknya tapi hasilnya tetap berkelas.

    Pa kabar bang?

    • June 29, 2011 at 4:24 pm

      trims pak Lukman.
      Aku selalu kangen Aceh ni, apalagi sempat jalan2 bareng Telkomsel ke Danau Lut Tawar. Berkesan sekali.

      Baik2 disini. Gimana kabarnya juga pak?

  2. June 29, 2011 at 4:07 pm

    aq suka lho foto BW, aqu mau dunk d ajarin…🙂

  3. gogo
    July 26, 2011 at 2:37 pm

    keren dah..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

