Home > All About Lampung, Wisata > Kehidupan Sehari-hari di Pulau Sebesi si Pulau Bundar

Kehidupan Sehari-hari di Pulau Sebesi si Pulau Bundar

Pada kesempatan terakhir mengunjungi Pulau Sebesi pada 8 – 9 januari 2011, saya memilih untuk lebih banyak melihat kehidupan sehari-hari di sekeliling pulau. Sengaja membawa dua motor dengan seorang kawan, Budhi Marta Utama, kami berdua dapat menjelajahi sebagian pulau dengan leluasa.

Banyak scene human interest menarik bagi peminat foto disini, seperti kehidupan nelayan yang hilir mudik di tepian pulau, petani, penggembala kerbau, dan pembuat gula kelapa, atau anak-anak yang bermain di rumah, di gubuk pembuatan gula kelapa dan pantainya.

Pada sore pertama, kami memutuskan untuk menuju Gubug Seng melihat Letusan Krakatau dari jarak 17 km. Di tengah perjalanan sempat memoto seorang ibu yang sedang mencetak gula kelapa. Sore-sorean memandang letusan Anak Krakatau dari kejauhan, tanpa sinyal telepon dan kebisingan kota, betapa eksotisnya.

Keesokan pagi cuaca mendung, tak bisa berbuat banyak. Sarapan dan ngopi sambil menunggu cuaca cerah. Saat cuaca cerah, baru sekitar 2 km kami sudah menemukan spot foto menarik, pabrik tradisional pembuatan gula kelapa (gula merah). Satu komplek perumahan gubuk kayu dan beberapa gubuk terbuka tempat perebusan air nira kelapa. hampir 3 jam tak bergerak disitu, motret, disuguhi kopi, dan pisang rebus yang dicemplungkan ke rebusan nira. Ternyata pulau ini juga banyak menghasilkan pisang🙂

Pada sore kedua kembali melihat Anak Krakatau dengan beberapa scene latar depan kehidupan penduduk lokal pulau. Tak terpengaruh dengan aktifnya letusan Anak Krakatau yang saat itu heboh diberitakan di koran-koran🙂

Kehidupan terus berlanjut di pulau berbentuk bundar yang gagah dengan gunungnya dan dikelilingi banyak pantai indah.

——

Pulau yang terletak di Teluk Lampung ini masuk wilayah administratif Desa Tejang Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

Berjarak sekitar 17 km dari pantai Canti  kalianda dengan luas 2620 hektare dan panjang pantai 19,55 kilometer. di Pulau ini terdapat 4 dusun yakni Regahan Lada, Segenom, Tejang, dan Gubuk Seng. Terdapat pulau-pulau yang berdekatan dengan Sebesi, baik yang memiliki penghuni maupun tidak seperti Pulau Sebuku, Pulau Umang, dan Pulau Sawo.

Para wisatawan yang hendak mengunjungi Pulau Anak Krakatau biasanya menginap dulu semalam di Pulau Sebesi ini. Saat ini ada beberapa penginapan yang bisa kita gunakan. Ada wisma milik Dinas Pariwisata (cp. Bpk Ayun 081369923312) dan beberapa cottage yang dimiliki oleh orang luar pulau.

Untuk mencapai pulau ini bisa melalui Cilegon dengan naik kapal kayu motor pengangkut kelapa, pisang dan kopra. Atau menyeberang dari pelabuhan pantai Canti Kalianda, dengan waktu tempuh sekitar 2 – 3 jam.

Melihat  potensi sumberdaya alam yang terdapat di pulau ini harusnya dapat dikembangkanmenjadi obyek wisata sangat menarik. Selain dapat menenunjang Pendapatan Asli Daerah, imbas positifnya akan mengena kepada peningkatan taraf hidup rakyat, yang dapat mengambil keuntungan dari kegiatan ekoturisme. (dari berbagai sumber)

Categories: All About Lampung, Wisata
  1. poppi sari
    June 23, 2011 at 6:55 am

    great one…

  2. June 24, 2011 at 2:44 am

    Nah iya, mau kesini🙂

  3. November 28, 2014 at 10:53 pm

    Bertemu dan berinteraksi, menemukan hal.baru dalam.keseharian penduduk setempat dan hal unik lainnya, buatku itu esensi sebuah perjalanan. Tapi tulisan ini lebih dari itu, foto yang keren dan konten yang informatif bikin blog ini istimewa. #tabik

    • Yopie Pangkey
      November 28, 2014 at 10:55 pm

      plus setiap kunjungan selalu membawa cerita lain yang berbeda. dan selalu ada pelajaran yg didapat 🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: