Sunny Rule dan Mode Manual Serta Auto Saat Jalan-jalan Dengan Keluarga

“Sunny rule” adalah rumus yang efektif di kalangan para pecinta fotografi saat sedang di luar ruangan.  Rumusnya adalah: jika kondisi cahaya saat itu di bawah sinar matahari terik, atur kamera di mode manual, gunakan diafragma f/16, sedangkan kecepatan adalah sama dengan atau mendekati ISO. Jika ISO 100 maka kecepatan adalah 1/125 detik.

Jika anda sering bepergian bersama keluarga di siang yang terik, anda bisa coba ini. kalaupun belum terbiasa dan ragu bisa gunakan mode AV (Aperture value dimana anda bisa menentukan diafragma secara manual) dan atur diafragma di f/16. ISO dan kecepatan shutter akan disesuaikan oleh kamera. f/16 di saat terik akan menghasilkan bayangan dan detail yang “crispy”.

Kalaupun benar-benar tidak terbiasa dengan setting di atas, bisa juga gunakan mode “sport” atau “portrait” saat sedang memfoto anak-anak dan keluarga anda di tempat liburan.

Tip terakhir, selalu fleksibel saat foto anak-anak, karena mereka begitu fleksibel dan dinamis. Cari sudut bidik yang menarik. Biarkan anak-anak bermain semau mereka tanpa kita atur. Foto apapun ekspresi mereka meski sedang mengambek dan menangis.

Selamat berakhir pekan dan berburu foto keluarga 🙂

—–

Yopie 24 Sept 2010, 09:27 AM

Leave a comment